About Me

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
gw mahasiswa politeknik negeri bandung.. dan gw berasal dari jakarta, hmm tepatnya sih tangerang.. dan gw ga ada tujuan nulis blog ini.. dan GUUEEE.... nevermind

Kamis, 07 Oktober 2010

Aing itu KASAR.

Gw udah curahkan semua waktu gw buat elo! Gw lakuin semua untuk elo! Tapi setelah gw coba berbagai tes buat dapetin elo, elo tolak gw dengan indahnya!  Gw ditolak dengan dinginnya sama elo 3 kali berturut2! Tega banget sih elo! Gw sakit hati ama elo! (tumpahan kekesalan pada UI. Padahal mah gara2 gw jg yang kebanyakan main. Huehehe.)

Lalu gw dapet rekomendasi dari saudara yang ada di bandung kalo disitu tuh ada PTN yang murah tapi berkualitas. Yaitu POLITEKNIK NEGERI BANDUNG. Setelah dag dig dug tes ujian masuk (yang ini gw dah serius belajar nih) akhirnya gw keterima. Hohoho. Well, here I am!!

Pada awalnya gw ga kepikiran sama sekali soal masalah ini. Tapi ternyata pas gw dah mulai ospek gw baru sadar. Bahwasanya mahasiswa baru yang dari Jakarta amat lah sedikiiiiittt. Kalo dibandingin ama maba yang dari bandung&sekitar, jumlah maba dari Jakarta tuh kaya upil seimprit yang dipilin2 terus diinjek2 terus dijemur dibawah matahari di lapangan di Jakarta jam 12 sampe kering. Kecil banget ga tuh??

Dan akhirnya gw baru sadar begitu temen baru gw ngomong, “Politeknik negeri tuh biasanya tiap daerah tertentu ada. Dan biasanya 80 persen lebih kebanyakan berasal dari daerah itu sendiri.”

Wah. Gw baru kepikiran. Alhasil bahasa umum yang berlaku disini tuh bahasa sunda. Begitu gw udah di lingkungan kampus, jalan 3 meter kesana, orang2 lagi ngomong bahasa sunda. Jalan 3 meter lagi kesana, bahasa sunda lagi. Jalan 3 meter lagi, bahasa sunda juga. Waaaaaaaa…. Nih orang pada ngomong apa sih!!! Udah bahasa sunda, ngomongnya cepet banget lagi, kaya lagi buru2 pengen boker. Jadinya kan mau gw ajak kenalan keki juga (keki tuh apa sih?).

Sampe suatu ketika, gw nekad kenalan ama orang. And guess what, jackpot! Sangat mengherankan, gw kenalan dengan orang bandung!

Pas awal2 kenalan kita ngomong dengan bahasa Indonesia sopan. Bagus bagus. Gitu dong ngerti keadaan gw. Tapi pas di tengah2 pembicaraan, mungkin karena dia keasikan ngobrol sampe lupa diri. Jurusnya keluar. Ngomong panjang lebar ceracas cerocos dengan bahasa sunda yang lancar, mepet terus bahasanya kaya kereta gandeng.

Aaaaaaaaaaaaa…..

Ampuuun kaang. Akhirnya, untuk mengatasi masalah ini, biar gw ga malu, gw ikutin aja reaksi mukanya. Kalo keliatannya dia lagi ngelawak, gw ikutan ketawa “hahahahaha. Kaco dah”. Kalo keliatannya dia lagi serius gw jawab “Ah, masa sih? Terus-terus??” walaupun gw ga tau kata-kata yang keluar dari mulut gw tuh tepat apa ga buat bereaksi dengan cerita dia. Yang gw takutin, gw ketawa pas dia lagi cerita soal dia yang bulan ini ga dapet kiriman duit dari ortu atau pas dia lagi cepirit.

Hal positifnya dari konversasi itu, gw dapet beberapa kosakata sunda. Seperti: dahar itu makan. Suri itu ketawa. Dan aing itu aku.

Untuk selanjutnya gw tambah kata2 itu ke kamus bahasa gw. Jadi kalo ngomong yang ada kata2 itu, gw ngomong dengan bahasa sunda gw yang sangat minim seminim rok cewek jepang. Kalo ngomong ke orang yang baru kenal mau cewek atau cowok gw selalu pake “aing” buat menggantikan kata “aku”.

Dan akhirnya hari pertama gw kuliah telah tiba! Wah menyenangkan berada di lingkungan baru dan yang paling penting cuaca ga bakalan bikin kulit gw tambah kebakar lagi kaya di Jakarta.

Yap. Gw liat jadwal, matkul pertama gw adalah matematika disikrit.

Dan akhirnya gw bersama temen2 sekelas masuk ke lab. komputer buat mulai kuliah. Dan sukurnya, sang ibu dosen yang masih muda ini bilang kalo kita belum mulai belajar, cuma perkenalan tiap2 anak. Kemudian di absen lah tuh anak2, Sambil disuruh memperkenalkan diri dan asal daerahnya.

Ibu dosen ngabsen “abdul hadi, agung gustiana,……..,hadid mubarak.”

 Akhirnya gw di absen, dan memperkenalkan diri sambil berdiri di tempat. Biar gw keliatan ga malu2in amat dalam bahasa sunda, gw keluarin semua skill bahasa sunda gw.

“nngg, aing hadid bu…”

Belum selesai ngomong sontak anak2 pada ketawa dan si ibu yang tadinya serius ngeliatin gw jadi ikut2an ketawa gara2 yang laen ketawa. Gw bingung, ini pada ngetawain apaan sih, baru pertama kali apa ngeliat anjasmara ngomong bahasa sunda?! * tampang bingung, cengo*

Yaudahlah gw lanjutin aja.

“aing dari sman 34 jakarta selatan. Asal dari jaksel.”

Sekian perkenalan gw. Dan gw duduk lagi sambil bingung karena anak2 masih ketawa culas, tanpa gw tau sebab akibatnya.

Sekilat kemudian, temen disamping gw nanya, “oh, kamu orang Jakarta? Ga bisa bahasa sunda ya?”

“Iya Jakarta. Yaaah ga bisa sihh. Tapi coba dikit2 lah. Di biasain pake bahasa sunda.” Gw jawab sotoy.

“Ooooh pantesaaaann,” katanya dengan muka  penuh pencerahan “kamu tau ga, kalo aing tuh artinya aku tapi itu teh bahasa yang kasar banget. Buat ke sesama teman sebaya. Yah istilahnya bahasa preman gitu deh. HAHAHAHAHA”

Diakhiri dengan terbahak2 puas sambil menari diatas penderitaan orang. Membuat gw penuh kesuraman.
 Dan keluar garis2 hitam di jidad gw beserta keringat, lalu mata menjadi kosong dengan mulut ternga-nga dan background menjadi suram, khas maruko-chan.

Aaaaaaaa…. Tidaaaaakk..

Gw seakan2 terjun bebas dari pesawat dengan ketinggian 1000 meter. Bye bye semua.. perjumpaan kita ternyata sesingkat ini. Kita takkan bertemu lagi di kemudian hari, karena setelah kuliah ini gw akan langsung dilaporkan ke kepala direktorat atas tuduhan perlakuan tak senonoh terhadap guru muda untuk di DO. Bye bye..

Sejurus kemudian, muncul sang dosen dengan pakaian cupid sambil membawa harpa turun dari atas, dan berkata sambil tersenyum “buat seterusnya, kalau bicara ga usah pakai bahasa sunda ya. Soalnya saya ga ngerti bahasa sunda. Hehe..”

TET TOOT..

Seperti hujan yang turun di gurun pasir, atau bunga sakura yang sedang bersemi.

TERNYATA SANG DOSEN GA BISA BAHASA SUNDA.

Hahahahahahaha..

Anda sedang beruntung! Silahkan coba lagi..

Hahahahahaha….

Akhirnya hingga sekarang ini gw lumayan udah punya lebih banyak lagi kosakata bahasa sunda. Dan gw terus bersotoy2 ria menggunakan bahasa sunda, kecuali pada dosen.

1 komentar: